Rabu, 13 Juni 2012

ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PADA MIE AYAM HAJI KOKO



ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PADA MIE AYAM HAJI KOKO


TUGAS PENULISAN RISET

Penulisan ini diajukan guna melengkapi tugas softskill mata kuliah Bahasa Indonesia 2 Kelas3EA08 Jurusan
Manajemen jenjang Strata Satu
Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma

           Nama Kelompok :

             -  Dani Hamdani/16209229
             -  Dicky  Aditya Nugraha/ 14209680
            -  Nasrullahi Qorib Aziz/16209314
           -  Satrio Wibowo/10209358
           -  Moh. Sofyan/1420932


FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
JAKARTA 2012

BAB I
TUJUAN DAN SASARAN

1.1 Latar Belakang Masalah
            Pada perusahaan jasa, pelayanan merupakan strategi perusahaan untuk merebut pangsa pasar dalam menghadapi persaingan dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas untuk memuaskan konsumen. Konsumen akan mendapat kepuasan apabila persepsi akan suatu produk atau jasa sama atau lebih dari yang diharapkan yang salah satunya adalah dari pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa. Salah satu perusahaan jasa yang berkembang saat ini adalah bisnis restoran.
            Restoran adalah suatu tempat yang diorganisasi secara komersial, yang menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada semua tamunya baik berupa makanan dan minuman. Tujuan operasi restoran tidak hanya untuk mencari keuntungan, tetapi juga membuat puas para tamu atau konsumen yang datang.
            Dewasa ini persaingan antara bisnis restoran makanan semakin ketat yang ditandai dengan banyaknya restoran yang tumbuh dan berkembang. Persaingan ini juga disebabkan karena semakin tingginya tingkat konsumtif masyarakat terhadap makanan, yang merupakan urutanteratas dalam pemenuhan kebutuhan primer manusia. Untuk dapat unggul dan mampu mempertahankan usaha serta pelanggannya, perusahaan harus bisa memberikan nilai yang lebih dari pesaingnya melalui upaya-upaya yang kreatif dan inovatif.
            Mie ayam Haji Koko merupakan salah satu restoran makanan cepat saji yang sangat potensial karena memiliki beberapa faktor penunjang diantaranya letak yang strategis. Mie ayam Haji Koko terus berkembang karena memiliki tekat dan komitmen untuk terus memberikan yang terbaik kepada pelanggannya, salah satunya dengan memberikan pelayanan yang profesional yaitu menyajikan makanan dengan cepat dan tepat.
            Berdasarkan uraian diatas maka penulis ingin mencoba membahas tentang masalah ini sebagai objek dalam tugas ini, dengan judul: “ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PADA MIE AYAM HAJI KOKO”.

1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah :
            Kepuasan konsumen sangat berpengaruh sekali bagi perkembangan
Mie ayam Haji Koko dimasa mendatang. Dengan adanya permasalahan
tersebut maka penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut :
1.  Berapa besar tingkat kepuasan konsumen pada Mie ayam Haji Koko?
2.  Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan pada Mie ayam Haji Koko?

Batasan masalah:
            Dalam penulisan ini penulis membatasi masalah pada analisis kepuasan
konsumen terhadap pelayanan di Mie ayam Haji Koko pada bulan Mei 2012.

1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah :
1.   Sebagai pendorong untuk meningkatkan pelayanan pada Mie ayam Haji Koko, seperti keramahan, kesopanan,dan ketepatan.
2.   Untuk mengetahui dan menganalisis dengan menggunakan metode uji normalitas satu proporsi dan LSR.

1.4 Manfaat Penelitian
1.  Manfaat Akademis : penulis mambahas masalah ini untuk dapat mengetahui
     tingkat kepuasan konsumen pada Mie ayam Haji Koko.
2.  Manfaat Praktis : Penulis membahas masalah kepuasan konsumen ini
     sebagai masukan untuk Mie ayam Haji Koko dalam meningkatkan tingkat pelayanan terhadap konsumen.

1.5 Metode Penelitian
1.5.1 Objek Penelitian
         Objek penelitian dilakukan pada Mie ayam Haji Koko di jalan Kecapi
         raya, Jatiwarna, Bekasi.

1.5.2 Data/Variabel
            Data yang diambil penulis adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti, dalam hal ini data yang diperoleh dari hasil wawancara kepada subjek yang bersangkutan dalam penelitian, subjek penelitian tersebut adalah konsumen pada Mie ayam Haji Koko yang ditemui di lokasi penelitian.

1.5.3 Metode Pengumpulan Data
            Dalam penulisan ilmiah ini penulis menggunakan metode penelitian    langsung, yaitu dengan cara pengumpulan data kualitatif:

a.   Riset lapangan
      Wawancara
            Yaitu pengumpulan data dengan bertanya langsung kepada responden dan pihak-pihak tertentu yang berhubungan langsung dengan pengumpulan data dalam penelitian ini, data tersebut yaitu mengenai mana responden, jenis kelamin, pekerjaan dan lain-lain.

 1.5.4 Hipotesis
           Hipotesis yang akan dibuktikan oleh penulis yaitu:
        a. Ho : konsumen merasa puas terhadap pelayanan pada Mie ayam Haji
                    Koko.
           Hi  : konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan pada Mie ayam
                  Haji Koko.

       b.      Po>50% = Puas
                Po<50% = Tidak Puas

1.5.5 Alat Analisis yang Digunakan
            Metode yang digunakan untuk mengelolah data dalam penulisan ilmiah ini adalah Uji Normalitas Satu Proporsi dan Likert’s Summated Rating (LSR).



BAB II
RISET SEJENIS

2.1      Kerangka Teori
2.1.1    Pengertian pemasaran
         Pemasaran merupakan salah satu komponen penting dari manajemen suatu perusahaan disamping unsur lain yang membentuknya yaitu komponen keuangan, produksi, dan sumber daya manusia.

            Pengertian definisi pemasaran telah banyak dijabarkan oleh para pakar ekonomi, seperti dijelaskan oleh Philip kotler dan Amstrong didalam bukunya dasar-dasar pemasaran (1997;6), yang menyebutkan :

     “pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan serta inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain”.

2.1.2    Pengertian jasa
                  Menurut DR. Basu Swasta (2000;488) definisi jasa adalah kegiatan manfaat atau kepuasan yang ditawarkan untuk jual beli.

           Menurut Philip Kotler (2002;486) pengertian jasa adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun.

2.2    kepuasan pelanggan
           faktor penting yang sekarang harus diperhatikan saat ini adalah kepuasan pelanggan. Jika pelanggan tidak puas maka ia akan menghentikan dan berpindah ke tempat lain yang lebih baik. Semua upaya yang akan dilakukan untuk mencapai mutu dan memberikan pelayanan yang unggul tidak ada artinya sama sekali jika tidak berusaha untuk memuaskan pelanggan.

             Kepuasan pelanggan adalah persepsi pelanggan bahwa harapannya telah terpenuhi atau terlampaui (Richard.F.Gerson,2004;3).

            Faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah mutu dan pelayanan. Mutu dan pelayanan adalah sarana untuk mencapai kepuasan dan ikatan (Richard.F.Gerson,2004;4). Kepuasan konsumen akan terpenuhi apabila proses penyampaian jasa dari si pemberi jasa kepada konsumen sesuai dengan apa yang dipersepsikan konsumen.

2.3    Alat analisis
       1.  Uji Normalitas Satu Proporsi
            Untuk mengetahui prilaku konsumen terhadap pelayanan pada Mie ayam Haji Koko, maka dugunakan analisis uji normalitas satu proporsi. Pengabilan data dilkukan dengan wawancara pada 50 responden dimana langkah-langkah pengujian hipotesis proporsi yang digunakan adalah satu proporsi. Menurut Ronal E. Walpole (1992;317), langkah-langkah pengujian hipotesisnya adalah :

     1.   Tentukan hipotesis
           Ho : P = Po,P< Po, P>Po
           Hi  : P = Po,P>Po, P<Po
  
    2.   Tentukan α dan wilayah kritik (Z)

    3.   Statistik uji Z = X-(n.Po)
                               √n. Po.Qo

    4.      Dimana      P          : proporsi yang diinginkan/ diharapkan
                              Po        : proporsi keberhasilan yang diHipotesiskan
                              Qo       : Proporsi kegagalan
                                            Po + Qo = 1
                              N         : Banyaknya sampel
                              X         : Banyaknya keberhasilan dari sampel
                              α          : Tingkat kesalahan
    
                              Ho       : Hipotesa awal yang diharapkan akan ditolak
                              Hi        : Hipotesa alternative

      2.  Metode Liker’s Summated Rating (LSR)
            LSR adalah metode pengukuran sikap (Atitude) yang banyak digunakan dalam penelitian social karena kesederhanaannya. LSR sangat bermanfaat untuk membandingkan skor sikap seseorang dengan distribusi skala dari sekelompok orang lainnya, serta untuk melihat perkembangan atau perubahan sikap sebelumnya dan sesudah eksperimen atau kegiatan.

BAB III
PENGOLAH DATA DAN ANALISIS

3.1  Objek penelitian
      Objek penelitian dilakukan pada Mie ayam Haji Koko di jalan Kecapi raya, Jatiwarna, Bekasi.

3.2 Data/Variabel
            Data yang diambil penulis adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari objek yang diteliti, dalam hal ini data yang diperoleh dari hasil wawancara kepada subjek yang bersangkutan dalam penelitian, subjek penelitian tersebut adalah konsumen pada Mie ayam Haji Koko yang ditemui di lokasi penelitian.

3.3 Metode Pengumpulan Data
       Dalam penulisan ilmiah ini penulis menggunakan metode penelitian langsung, yaitu dengan cara pengumpulan data kualitatif:

a.   Riset lapangan
      Wawancara
            Yaitu pengumpulan data dengan bertanya langsung kepada responden dan pihak-pihak tertentu yang berhubungan langsung dengan pengumpulan data dalam penelitian ini, data tersebut yaitu mengenai mana responden, jenis kelamin, pekerjaan dan lain-lain.

BAB IV
HUBUNGAN ANALISIS

4.1    Hipotesis
           Hipotesis statistic adalah pernyataan atau dugaan mengenai satu atau lebih populasi. Benar atau salahnya suatu hipotesis tidak akan pernah diketahui dengan pasti, kecuali bila sudah memeriksa sampel yang dijadikan bahan pengujian.

Hipotesis yang akan dibuktikan oleh penulis yaitu:
  a. Ho : konsumen merasa puas terhadap pelayanan pada Mie ayam Haj
              Koko.
    Hi  : konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan pada Mie ayam Haji
           Koko.

b.      Po>50% = Puas
         Po<50% = Tidak Puas

4.2    Alat Analisis yang Digunakan
       1. Uji Normalitas Satu Proporsi
           Untuk mengetahui prilaku konsumen terhadap pelayanan pada Mie ayam Haji Koko, maka dugunakan analisis uji normalitas satu proporsi. Dengan menggunakan rumus sebagai berikut :

        Statistik uji Z = X-(n.Po)
                               √n. Po.Qo

Dimana            P          : proporsi yang diinginkan/ diharapkan
                        Po        : proporsi keberhasilan yang diHipotesiskan
                        Qo       : Proporsi kegagalan
                                     Po + Qo = 1
                        N         : Banyaknya sampel
                        X         : Banyaknya keberhasilan dari sampel
                        α          : Tingkat kesalahan
          
                        Ho       : Hipotesa awal yang diharapkan akan ditolak
                        Hi        : Hipotesa alternatif
Penolakan Ho membawa kita pada penerimaan Hi

  2.  Liker’s Summated Rating (LSR)
        LSR ini merupakan jenis skala yan digunakan untuk mengukur variable penelitian. Pada setiap item jawaban memiliki nilai dari yang tertinggi sampai terendah, yaitu sebagai berikut :

a.       Sangat setuju                     bernilai            5
b.      setuju                                 bernilai            4
c.       ragu-ragu                           bernilai            3
d.      Tidak setuju                      bernilai            2
e.       Sangat tidak setuju           bernilai            1

Langkah pengujian hipotesis :

a. 1908 x 100% = 76,32% dibulatkan menjadi 80%
2500
Po = 0,8


b.  Po > 50% puas
     Po < 50% tidak Puas
    Ho : diterima
    Hi  : ditolak

BAB V
RANGKUMAN DAN SARAN


5.1  Saran
Saran yang dapat disimpulkan kepada Mie ayam Haji Koko sebagai berikut :
1. Mie ayam Haji Koko harus lebih meningkatkan mutu dan kualitas pelayanannya agar konsumen semakin puas dengan pelayanan yang diberikan.
2. Perlu dibuat potongan harga bila ada acara khusus agar pelanggan bertambah lebih banyak. 





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar