Rabu, 10 Oktober 2012

Perlawanan Terhadap Kejahatan Korupsi


Perlawanan Terhadap Kejahatan Korupsi

Orang-orang melakukan berbagai cara untuk melakukan perlawanan terhadap korupsi.
Ada berbagai macam usaha yang dilakukan masyarakat dalam memberantas korupsi diantaranya adalah:
1.      Sebuah sekolah yang bernama Kanisius Kudus mengadakan program anti korupsi, dengan  mencoba menanamkan kejujuran dalam diri para siswa/siswinya dengan cara membuat warung kejujuran, telepon kejujuran dan permainan ular tangga anti korupsi. sehingga sekolah ini mempunyai slogan “ JUJUR, CERDAS dan ANTI KORUPSI “.
2.      Pada sebuah daerah diwilayah veteran, Kediri. Terdapat kios bensin eceranyang pembelinya bisa bertransaksi sendiri dengan cara meletakkan uang didalam toples uang yang disediakan dan pembeli bisa mengambil botol bensin sendiri dengan harga yang telah ditentukan. Alasan kios ini dibangun untuk menambah penghasilan dan melatih kejujuran masyarakat.
3.      Seorang murid SMP 2 Bandung yang bernama Fahma membuat game aplikasi anti korupsi yang bernama Raid the Rats. Game ini mempunyai pesan yaitu “ ada orang yang tidak tahu malu melakukan korupsi dan imbasnya keluarga atau anaknya akan menanggung malu “. Game inipun pernah dimainkan oleh ketua KPK.
4.      Ada juga Korupedia.org, tujuan dari web ini dibuat agar masyarakat ingat pada para koruptor dengan kejahatannya dan letak goegrafisnya. Bukan saja sanksi hukum yang diterimanya tapi juga sebagai sanksi sosial.
5.      Ada sekelompok pemuda yang membuat film layar lebar yang berjudul “ KITA vs KORUPSI “. Tujuan dari pembuatan film ini dibuat untuk mencari pendekatan alternatif untuk pemberantasan korupsi. Ada juga film “ AKU PADAMU “ yang mempunyai pesan “ Kejujuran Harus Dimulai Dari Rumah “ dan ada juga film “ RUMAH PERKARA “ yang menceritakan tentang seotang pejabat pemerintah telah melakukan kebohongan sebelum kampanye. Film-film tersebut saling mempunyai cerita yang saling berhubungan. Film-film tersebut juga berpesan agar kita menumbuhkan sifat anti korupsi,karena ketika hukum tidak berjalan maka hukum sosial harus berjalan.

Analisis saya:
Pada saat ini semakin banyak orang yang sudah muak akan kasus korupsi, maka daripada itu mereka membuat sebuah perlawanan terhadap korupsi dengan berbagai cara mereka masing-masing. Seperti halnya yang dilakukan oleh sekolah Kanisius Kudus yang menerapkan dan menanamkan nilai kejujuran kepada siswa siswinya agar mereka jujur dan mengetahui bahwa korupsi atau berbohong itu tidak baik karena akan merugikan diri sendiri ataupun orang lain, pembuat kios bensin kejujuran yang menerapkan dan menanamkan sikap kejujuran pada masyarakat, game Raid the Rats yang mengajak para pemakainya untuk memberatas smw orang yang melakukan korupsi dan harus dihukum dengan hukuman yang setimpal, serta web dan film yang mengajak, menyadarkan dan memberi pesan bahwa tindak korupsi itu tidak baik dan sangat meruginkan. Hal yang paling penting dalam hal ini adalah kesadaran dari dalam diri masyarakat agar tidak ada lagi yang berbuat tindak kasus korupsi dan nilai yang bisa di petik pada artikel ini adalah “ KEJUJURAN ITU PENTING “.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar